Wisata Ziarah Tuban

Paket Wisata Ziarah dan Dakwah di Tuban

Jalan Menuju Sunan Bonang Tuban

Jalan Menuju Sunan Bonang Tuban

Siapa tidak mengenal Tuban kota tua yang sekarang mengeliat berkembang bak gadis sedang berkembang. Terletak dipesisir pantai utara Jawa Timur dan masuk dalam daftar kunjungan ziarah wali songo. Pertama dan memilik garis Per-Wali-an adalah Makam Sunan Bonang. Makam Sunan Bonang terletak di kelurahan Kutorejo Kecamatan Tuban Kota, tepat nya di belakang Masjid Agung yang cantik dan megah. Anda bisa sholat dan beristirahat di Masjid Agung yang merupakan peninggalan masa penyebaran Islam dipesisir utara bagian barat jawa timur, dari sini menuju ketimur ke Desa Gesikharjo Kecamatan Palang yang jaraknya kurang lebih hanya 6 km, di situ ada makam Syekh Maulana Malik Ibrohim Asmoro Qondi. Beliau merupakan orang tua dari Sunan Ampel. Makam ini ramai didatangi peziarah dari berbagai pelosok Indonesia. Dihari- hari yang khusus seperti misalanya malam jum’at peziarah sangat banyak. Bukan dari masyarakat sekitar saja.

Makam Syekh Siti Jenar di Tuban

Makam Syekh Siti Jenar di Tuban

Diantara dua Sunan tersebut diatas ada Sunan bejagung yang telah menjadi satu rangkaian dan alternatif/pilihan wisata Ziarah di Tuban. Jarak dengan Makam Sunan Bonang sekitar 3 km. Terletak di Desa Bejagung Kecamatan Semanding, sebelah selatan dari pusat Kota. Dari Perempatan “Kapur” sekitar 500 meter anda sudah sampai pada makam Sunan Bejagung. Konon sebuah sumur yang terletak dikomplek makam sunan Bejagung sering diambil airnya untuk penyembuhan dan sumpah. Hal inilah yang sampai sekarang Makam Sunan Bejagung dianggap mempunyai kesakralan tersendiri. Tidak jauh dari makam Sunan Bejagung sekitar 200 Meter terdapat makam syekh Siti Jenar. Benar tidaknya makam tersebut hanya Allah yang Maha Tahu. Dan tidak jauh dari komplek makam Syeh Siti Jenar terdapat makan Brawijaya ke V. Apakah hal itu benar, nampaknya juga perlu kajian yang mendalam. Akan tetapi makam ini juga menjadi tujuan ziarah banyak orang.

Pondok Bawah Tanah atau Banyak Dikenal dengan Sebutan Podok Perut Bumi

Pondok Bawah Tanah atau Banyak Dikenal dengan Sebutan Podok Perut Bumi

Pondok pesantren perut bumi dimana pondok ini memiliki keunikan lokasinya di perut bumi alias dalam gua. Sebuah Goa yang dahulu hanya dijadikan persebunyian para begal atau maling (pencuri) telah berubah menjadi sebuah pondok yang unik. Unik karena letaknya dibawah tanah.

Ada beberapa makam yang perlu diketahui dan selama ini hanya diziarahi oleh kelompok kelompok tertentu. Seperti makam Gagak manik tundung musuh yang ada di pinggir pantai Desa Gesikharjo, Sunan Gesing Di Desa Gesing dan syech Subakir di kecamatan Jenu. Yang kesemuanya ini berada dipantura Tuban dan berada dalam satu jalur Ziarah Wali Songo. Ibaratkan segaris. Ternyata begitu banyak Wali yang yang tidak termasuk jajaran Wali Songa tersebar di Tuban. Demikian informasi tentang pilihan wisata Ziarah (muslim) di Tuban.

Be Sociable, Share!
Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply