Wisata Watu Ondo

Sebuah Pelajaran Dari Watu Ondo Endek

DSC01195-225x300Merupakan satu dari empat  watu ondo (tangga batu) yang ada di Tuban.  Bagi yang suka tantangan dan memacu adrenalin watu ondo endek Tuban bisa menjadi lokasi tujuan anda di Tuban.

Lokasi petualangan ini berada di desa Bektiharjo, merupakan tangga batu terpendek dan paling bersahabat bagi pandaki, tidak terlalu curam namun cukup mengadu nyali. Watu ondo endek merupakan akses jalan yang menghubungkan antara dusun Mbogor dengan dusun Ngendut.

Udara segar akan lansung terasa saat menginjakkan kaki dilokasi ini. Memandang alam sekelilingnya menambah sejuk pandangan mata, tempat ini sungguh memukau. Warna merah keunguan bunga-bunga kecil berpadu dengan langit sore yang agak berkabut memberikan warna tersendiri bagi pengunjung.

Belum diketahui sejak kapan tangga batu ini ada. Tangga ini biasa di pakai oleh para petani dan masyarakat sekitar untuk mengambil air dari bawah bukit. Juga mereka para mencari rumput untuk ternak. Merupakan hal yang sangat menarik  saat menyaksikan sepasang kakek-nenek paruh baya (petani) menaiki watu ondo dengan membawa beban pikulan dua karung rumput padat, namun terlihat begitu mudah tanpa rasa takut sama sekali menaiki tangga.

Padahal dibutuhkan keseimbangan serta kekuatan untuk menaiki dan menuruni tangga batu ini. Kami yang tanpa beban saja merasa sangat kesulitan mencari pijakan yang aman untuk menuruni tangga-tangga batu yang tidak beraturan. Sementara di sebelah kiri tebing dan sebelah kanan merupakan jurang yang sangat dalam terlihat sangat gelap dan hampir tidak ada benda yang bisa dijadikan pegangan.

Watu ondo endek ini banyak dikunjungi oleh remaja-remaja tuban saat libur sekolah atau akhir pekan. Mereka biasa menggunakan sepeda motor saling berboncengan mengunjungi lokasi wisata ini. Mungkin karena lokasi ini paling dekat dengan kampung penduduk dan gratis sehingga banyak muda-mudi yang menyukainya. Apalagi di atas tebing (bukit) merupakan hamparan rumput yang cukup luas sehingga sangat nyaman digunakan untuk santai dan benostalgia bersama teman atau kelompok belajar.

Lokasinya searah dengan pemandian bektiharjo kurang lebih 5 KM dari Pemandian Bektiharjo. Jalan menuju ke watu ondo endek sangat memadai untuk di lalui kendaraan roda empat, sangat bagus dan beraspal. Di kiri dan kanan jalan dipenuhi oleh pepohonan dan ladang yang ditanami aneka tanaman. Mulai dari hutan jati, tebing batu kapur, kebun jeruk, dan kebun minyak kayu putih dan perkebunan aneka pohon pisang.

Sangat menakjubkan, sebab wilayah Tuban dulu terkenal panas dan gersang yang sebagian merupakan pegunungan kapur, terdapat wilayah yang hijau, teduh, dan indah serta memiliki udara yang segar. Bagai puncak di bogor hanya tidak selalu diguyur hujan dan disini juga belum ada landasan untuk paralayang.
Bagi para pecinta fotografi landscape lokasi ini patut untuk diperhitungkan sebagai objek optik kamera anda. Juga profil tentang arti bertahan kakek nenek yang terus berjuang untuk mempertahankan hidup dan kehidupan.

Sangat tidak rugi jika kita mengunjungi tempat ini. Selain tempatnya yang indah, lokasinya juga cukup mudah di jangkau, juga ada pelajaran yang bisa kita ambil tentang arti berjuang, bertahan dan tidak menyerah atau putus asa hingga usia senja.

Sekedar catatan, Keselamatan adalah prioritas.  Jika anda ingin berpetualang ke Watu Ondo, disarankan memakai sepatu gunung, membawa bekal makanan  dan minuman secukupnya, memakai peralatan panjat tebing bila diperlukan. Harus selalu berhati-hati di setiap lokasi yang  dilewati. Jangan memaksakan diri bila Anda tak cukup nyali (keberanian) untuk menaiki atau menuruni  Watu Ondo.

Be Sociable, Share!
Tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply